Manfaat Kopi Goji Berry

Manfaat kopi Goji Berry  ternyata memiliki beberapa kandungan zat gizi yang baik untuk tubuh, bahkan terkenal menjadi salah satu obat yang mujarab untuk kanker. Apakah benar demikian? Ekstrak biji kopi inilah yang diproses menjadi berbagai bubuk kopi yang kadang Anda nikmati.

Pada umumnya kopi dijadikan teman ketika mengawali aktivitas dipagi hari. Hidangan berwarna hitam pekat tersebut menyuguhkan cita rasa yang unik, tidak heran banyak orang yang menjadikannya minuman favorit. Di Indonesia sendiri banyak di daerah-daerah tertentu, meminum kopi dijadikan sebuah tradisi yang unik.

Penting untuk diketahui, kebiasaan meminum kopi diselingi makan dapat berakibat baik bagi kesehatan. Bermacam manfaat kopi Goji Berry  bagi tubuh adalah sebagai berikut.

– Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.

– Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.

– Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.

– Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.

Manfaat Kopi Goji Berry  untuk Kesehatan
Banyak masyarakat yang tergila-gila kenikmatan secangkir kopi, namun dibalik nikmatnya menyimpan bermacam-macam manfaat. Berikut beberapa manfaat kopi Goji Berry  di antaranya adalah:

1. Meningkatkan Stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur kepada otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih pelan. Maka akan menciptakan perasaan segar menjadi lebih lama.

2. Menghambat Kanker

Antioksidan yang terdapat pada kopi mampu melawan resiko gejala kanker didalam tubuh. Menurut Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terken

a kanker usus besar berkurang sebesar 25%.

3. Kopi Menjaga Kesehatan Mulut

Kopi mempunyai sifat anti bakteri yang baik untuk kebersihan mulut. Hal tersebut bisa membantu penyembuhan gigi yang berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja memiliki peluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

4. Menurunkan Resiko Diabetes

Penghambatan penyerapan gula bisa diproses dengan meminum kopi. Kandungan zat asam klorogenat mempercepat kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan bahwa penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, bisa dikurangi sebesar 50% berkat manfaat kopi Goji Berry .

Baca juga  Memanfaatkan Peluang Dari Bisnis Ikan Cakalang
5. Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menjangkit orang yang sudah berusia 65 tahun lebih. Kopi juga sudah teruji dapat mempercepat proses perlindungan kepada penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

6. Mencegah Parkinson

Selain alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit terpopuler yang penyebabnya adalah degradasi fungsi saraf pada tubuh manusia. Meminum kopi dengan rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

7. Menambah Semangat

Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bersemangat dan ceria saat meminum kopi. Kopi pada dasarnya merupakan salah satu hidangan yang bisa meningkatkan semangat seseorang, tidak hanya itu ia juga dapat memberikan efek yang berkaitan pada kebahagiaan.

Manfaat Kopi Goji Berry untuk Kecantikan
Selain manfaatnya yang bagus bagi kesehatan, kopi kerap dipakai sebagai bahan perawatan kecantikan. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Kopi Sebagai Masker Wajah

Manfaat kopi Goji Berry  banyak dipakai untuk pembuatan masker wajah pada salon-salon kecantikan. Kegunaannya ialah dapat menjadikan kulit kencang dan mengangkat sel-sel kulit mati. Kopi juga dapat digunakan sebagai krim anti mikroba untuk membersihkan wajah.

2. Pemeliharaan Kulit Kepala

Menurut penelitian para ahli, kandungan kafein pada kopi melahirkannya sebagai anti kerontokan. Antioksidan disini yang terkandung pada kopi memiliki peran aktif agar menjaga kulit kepala.

3. Menyejukan Kulit Tubuh

Manfaat kopi Goji Berry  memaksimalkan pelepasan sel-sel kulit mati yang berdampak terhadap pembaruan kulit, maka kulit akan tetap sehat dan bercahaya. Hanya perlu menggunakan scrub dari kopi untuk pemeliharaan kulit secara teratur.

4. Kegunaan Kopi Sebagai Pedicure dan Manicure

Aromaterapi bubuk kopi dapat menghilangkan siku hitam dan tumit kaki yang pecah. Tidak hanya itu, kopi juga ternyata bisa dipakai untuk mempercepat proses kekencangan kulit tubuh dan membantu mencegah penuaan dini.

5. Ampas Kopi Sangat Baik Sebagai Mengencangkan Wajah

Banyak orang yang telah menikmati betapa ampas kopi mempunyai fungsi penting bagi kecantikan. Hanya dengan membuat ampas kopi untuk masker, maka dapat menambah kekencangan kulit hingga menjadikannya lebih mudah terawat.

Sumber : https://ramesia.com/manfaat-kopi-goji-berry/
https://ramesia.com/

Cara Membuat Gulali Sehat


Apa Itu Gulali?

Gulali sehat  merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang cukup populer pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti sekarang ini, anak-anak kecil lebih menyukai membeli gulali sehat yang dijual oleh para pedagang keliling.

Gulali sehat  sendiri terdiri dari banyak jenis. Jenis yang paling populer dan mungkin paling tradisional adalah gulali sehat yang terbuat dari gula jawa. Gulali sehat jenis ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan batang kayu kecil. Gulali sehat dari gula jawa ini juga biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.

Jenis selanjutnya adalah gulali sehat yang dibuat dari gula pasir. Gulali sehat jenis ini lebih berwarna karena para pedagang biasanya mencampurkan pewarna makanan sehingga membuatnya lebih menarik.

Gulali sehat ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga anak-anak kecil semakin menyukainya. Bahkan, gulali sehat ini terkadang bisa ditiup sehingga menghasilkan bunyi layaknya peluit.

Gulali sehat yang selanjutnya dibuat dengan menggunakan campuran tepung. Para penjual gulali sehat ini biasanya menarik-narik adonan gulali sehat ini sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti mie atau benang sutra.

Kebanyakan orang menamakan gulali sehat ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut seorang nenek-nenek.

Jenis gulali sehat yang terakhir ini dibuat dengan sebuah alat khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat tersebut dikumpulkan, maka akan terlihat seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali sehat jenis ini lebih populer dengan nama arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai jenis gulali sehat yang disebutkan di atas sudah sulit ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka jenis gulali sehat tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang mudah.

Jenis Gulali
Permen Gulali Sehat Gula Jawa
Jenis yang paling tradisional adalah gulali sehat yang terbuat dari gula jawa atau gula merah. Konon katanya, gulali sehat ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali sehat yang sering kita temui saat ini.

Gulali sehat ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu kecil. Gulali sehat dari gula jawa atau gula merah ini biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.

Permen Gulali Sehat Gula Pasir
Gulali sehat jenis ini lebih berwarna karena para pedagangnya biasa memberikannya dengan pewarna makanan atau pasta makanan untuk membuatnya jadi lebih menarik ketika dibentuk.

Gulali sehat ini juga bisa dibentuk menjadi aneka kreasi binatang, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dan lain-lain, sehingga anak-anak semakin menyukai gulali sehat ini.

Baca juga  Cara Membuat Tepung Azolla
Bahkan, gulali sehat ini terkadang bisa ditiup sehingga dapat menghasilkan suara siulan layaknya suara peluit tukang parkir atau satpam.

Permen Gulali Sehat Rambut Nenek
Gulali sehat ini dibuat dari gula pasir dicampur dengan tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali sehat jenis ini sedemikian rupa sampai gulali sehat ini berbentuk mirip seperti mie atau seperti benang sutra.

Banyak orang menyebut gulali sehat ini dengan sebutan gulali sehat rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut seorang nenek-nenek, sehingga banyak yang menyebutnya Gulali sehat Rambut Nenek.

Konon katanya, orang Tiongkok sering menyebut gulali sehat jenis ini dengan sebutan jenggot seekor naga.

Permen Gulali Sehat Arum Manis
Jenis gulali sehat yang terakhir ini dibuat menggunakan mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus, namanya Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas oleh karena itu gulali sehat jenis ini disebut juga dengan permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali sehat jenis ini lebih terkenal dengan nama gulali sehat arum manis.

Resep Cara Membuat Gulali Sehat
Resep Permen Gulali Sehat Gula Jawa
Bahan

– 1/2 kg gula jawa yang sudah dihaluskan

– 125 ml air atau secukupnya

– Kacang tanah potong kecil-kecil

– Tusukan sate

Cara Membuat Gulali Sehat

Masukkan gula jawa dan air ke dalam wajan lalu aduk-aduk hingga gula tercampur dengan rata. Nyalakan kompor dengan api yang sedang lalu taruh wajan tersebut di atasnya.
Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
Jika sudah mengental, sila mencelupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali sehat tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda dapat membungkus gulali sehat yang sudah ditusuk tadi menggunakan plastik kemudian masukkan ke dalam toples tertutup.
Resep Permen Gulali Sehat Gula Pasir
Bahan

– 1 kg gula pasir

– 1 sdm asam citrun

– 1 sdm pasta pandan atau pasta stroberi

– 1 sdm asam citrun

– 100 ml air matang atau 3/4 gelas ukuran

Alat-alat

– 1 centong kayu untuk mengaduk gulali

– 1 sendok makan

– 1 wajan ukuran besar

Cara Membuat Gulali Sehat

Pertama masukkan gula pasir, lalu masukkan semua bahan tadi kedalam wajan. Aduk hingga merata menggunakan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti hingga 10-12 menit gulali sehat matang.
Matikan kompor tetapi tetap mengaduk pelan-pelan.
Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.
Masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam.
Terakhir gulali sehat siap dibentuk sesuai kreativitas.

No comments:

Post a Comment

6 Kunci Sukses dalam Memulai Usaha Kemasan

Kunci Berhasil Seorang Pemula dalam Usaha Makanan Kemasan Ringan Usaha kemasan makanan ringan membutuhkan kesabaran dan strategi manajemen ...