Cara Membuat Sari Buah Pala yang Mudah

Buah adalah bahan makanan sumber vitamin. Selain buahnya yang enak dimakan, pada umumnya daunnya juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Contohnya daun pisang bisa untuk makanan hewan ternak, daun pepaya bisa untuk melunakan daging serta melancarkan air susu ibu terutama daun pepaya jantan.

Warna pada buah cepat sekali berubah disebabkan dampak sinar matahari dan pemotongan, dan akibat pengaruh biologis (jamur) sehingga buah mudah membusuk. Oleh karena itu penanganan buah untuk memperpanjang waktu simpannya sangat penting.

Buah dapat dibuat menjadi aneka bentuk minuman semisal anggur, sari buah dan sirup juga makanan lain seperti manisan, dodol, keripik, dan selai.

Sari buah merupakan cairan yang diperoleh dari pemerasan buah segar yang sudah matang. Pada dasarnya sari buah ada 2 jenis, yaitu :

1) Sari buah encer yang bisa langsung dikonsumsi, yaitu cairan buah yang didapat dari pemersan buah, setelah itu dilanjutkan menggunakan tambahan air serta gula pasir.

2) Sari buah pekat atau Sirup, yaitu cairan yang diperoleh dari pemerasan buah lalu diteruskan dengan proses pemekatan, baik dengan proses pemanasan biasa ataupun menggunakan cara lain seperti penguapan dan lainya.

Sirup ini tidak dapat langsung dikonsumsi, namun harus dicampur dulu menggunakan air. Buah-buahan yang suka diolah menjadi sari buah atau sirup antara lain : pala, pisang, jambu biji, mangga, sirsak, wortel, tomat, kueni, markisa, nangka, jahe, asam semua jenis jeruk, dan lainya. Sari buah ataupun sirup buah mampu bertahan selama sekitar tiga bulan.

BAHAN
1) Buah yang Masih Segar : 5 kg

2) Gula pasir kusus untuk sirup 1 ¼ kg : 125 gr

3) Asam sitrat : 3 gr / liter sari buah

4) Natrium benzoat : 1 gr

5) Garam : 20 gr

6) Air secukupnya

Alat yang Digunakan
1) Pisau buah

2) Panci

3) Alat Parutan kelapa

4) Pengaduk

5) Tungku atau kompor

6) Wadah dan tutup yang sudah steril

7) Kain saring atau kain blacu

8) Corong

9) Wadah besar

CARA PEMBUATANYA
1) Pilih buah yang telah tua, segar dan matang kemudian cuci dengan air bersih;

Baca juga  Bisnis Repacking Makanan Ringan
2) Irislah buah sampai menjadi kecil-kecil;

3) Parut buah hingga menjadi bubur; * Selanjutnya pisahkan airnya

4) Tambah gula pasir, air, natrium benzoate, asam sitrat dan garam dapur. Perbandingan sari buah dengan air yaitu sebagai berikut :

– Buah jeruk (untuk 1 liter sari buah campur dengan 1 ½ liter air)

5). Campur hingga rata. Berikutnya pengerjaan pembuatan sari buah (6-9) :

6) Saring campuran tersebut menggunakan saringan;

7) Masukkan hasil penyaringan ke dalam botol kemudian tutup rapat. Endapan hasil saringan dapat diolah sebagai bahan pembuatan jajanan dodol, selai, dan lain sebagainya;

8) Masukkan botol yang sudah ditutup rapat dalam air mendidih selama 30 menit;

9) Angkat wadah tersebut lalu segera dinginkan.

Pilihlah berbagai macam pala, dan olah masing-masing secara terpisah, kemudian gabungkan minuman jusnya untuk menciptakan rasa yang berbeda kemudian lihat perbedaan warna yang diperoleh dengan buah pala kekuningan, hijau, dan merah.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-sari-buah-pala/

Cara Membuat Capcay Ala Dapur Umami yang Lezat

Anda pasti mengenal panganan yang dikenal capcay. Masakan ini sangat pas dijadikan sebuah menu makanan yang enak bagi seluruh keluarga Anda. Sebab, selain rasanya yang ekslusif, cap cay juga penuh akan kandungan gizi didalamnya. Nutrisi tersebut tentu saja cukup bermanfaat bagi kebugaran tubuh.

Selain itu, cap cay juga dapat dimasak menjadi beberapa macam hidangan makanan sehari-hari terlebih dibuat menjadi sop kuah yang gurih. Dengan dilengkapi berbagai rempah-rempah yang membuat sehat, kuliner ini tentu akan meningkatkan gairah makan Anda kembali semakin tergugah. Baik dengan cara dioseng ataupun dengan cara diberi kuah, cap cai dua-duanya sama enaknya.

Cap cai, capcai atau cap cai merupakan salah satu menu kuliner yang berawal dari budaya warga Tionghoa. Istilah capcay sendiri mempunyai arti 10 sayur, namun tidak berarti kita mesti menggunakan 10 jenis sayuran saat membuat capcay. Konkritnya, capcay bisa diartikan sebagai kuliner yang menggunakan banyak sayuran sebagai bahan utamanya.

Cap cay yang akan kita buat kali ini ialah jenis cap cai sederhana. Sebenarnya, resep menu cap cay sederhana tidak jauh berbeda dengan capcay jenis lainnya karena sama-sama menambahkan banyak sayuran, dan yang membedakan hanya proses pembuatannya. Sesuai istilahnya, cara memasak berbagai macam sayuran ini bisa dimasak menggunakan kuah atau bisa juga ditumis dengan air secukupnya.

Saat memasak capcay, sekali lagi tidak ada resep yang pasti & tidak harus menggunakan 10 varian sayuran. Seperti biasanya, bahan-bahan capcay ala dapur umami antara lain adalah: kembang kol, buncis, sawi, cai sim, kapri, jamur kuping, jagung muda dan lain sebagainya. Resep cap cay sederhana tidak mengharuskan jumlah atau jenis sayuran, semua kembali pada selera dan ketersediaan sayurannya.

Resep Capcay ala Dapur Umami Lezat dan Higienis
Saat membuat capcay, yang sebaiknya kita perhatikan ialah tekstur sayuran agar tidak terlalu layu. Seandainya terlalu layu, maka nilai gizi yang terdapat didalamnya akan minim dan tampilan capcay juga menjadi kurang cantik. Panaskan beberapa menit tetapi jangan sampai terlalu lama dan terlalu matang. Dan sebelum memasak, pastikan sayuran sudah dicuci bersih demi menjaga kebersihannya.

Baca juga  Cara Membuat Adonan Ice Cream yang Manis dan Lembut
Bahan-bahan Pokok Resep Capcay ala Dapur Umami
5 potong jagung muda.
5 bh kembang kol, belah dua
5 bh brokoli, jadikan dua
5 batang buncis, iris serong dengan pisau
1 btg wortel, iris tipis-tipis
6 buah jamur kancing, belah dua
6 butir bakso sapi, iris
6 ekor udang kupas
10 buah kapri muda segar, iris mengarah serong
1 bh caisim, potong sedang
1 bh swai hijau, iris sedang
Bumbu – bumbu
4 butir bawang merah, cincang halus
2 suing bawang putih, cincang hingga halus
1 buah bawang bombay, potong dadu
1 btg daun hijau bawang, potong pendek
1 buah tomat segar, potong dadu
2 centimeter jahe asli, memarkan
1 sendok teh garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
2 sendok makan saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sendok makan tepung maizena
50 milliliter kaldu ayam cair
Cara Memasak Capcay ala Dapur Umami
Siapkan semua bahan pokok dan pastikan sudah dibasuh bersih sebelumnya, siapkan bumbu-bumbu, larutkan tepung maizena dalam kaldu ayam cair, sisihkan.
Masak bawang merah, bawang putih dan bawang bombay sampai mengeluarkan bau harum.
Masukkan tomat, jahe tumbukan dan daun bawang sesuai matriks di atas, masak beberapa menit sampai daun bawang agak layu.
Masukkan semua bahan, lalu panaskan sebentar.
Bubuhkan garam, gula pasir alami, merica bubuk, saus tiram dan kecap hitam. aduk sampai rata.
Selanjutnya, tambahkan larutan tepung maizena dan bumbu kaldu ayam berbentuk cair, masak hingga air matang dan semakin terasa.
Angkatlah dan sajikan dengan hangat.

No comments:

Post a Comment

6 Kunci Sukses dalam Memulai Usaha Kemasan

Kunci Berhasil Seorang Pemula dalam Usaha Makanan Kemasan Ringan Usaha kemasan makanan ringan membutuhkan kesabaran dan strategi manajemen ...